Masihkah Nusantara layak di huni?

Manusia merupakan mahluk hidup yang memiliki ciri – ciri – melakukan reproduksi. Hakikat manusia selalu ingin memperbanyak dan mempertahankan keturunan. Dari zaman dulu hingga sekarang memang grafik pertumbuhan penduduk per tahunnya selalu meningkat.
Di Indonesia, pertumbuhan penduduk menjadi permasalahan yang masih belum di tuntaskan. Ini menjadi masalah karena tingkat pertuumbuhan dan angka lahir manusia di Indonesia melebih batas yang telah ditetapkan. Apalagi beberapa masyarakat Indonesia masih keukeuh dengan budaya “Banyak Anak Banyak Rezeki”, sehingga masih banyak keluarga yang selalu ingin memiliki keeturunan yang banyak. Sebenarnya permasalahannya lebih mengarah, bagaimana keturunan bisa relevan dengan kondisi negara saat ini.
Pemerintah pernah menggalakkan program Keluarga Berencana (KB) dan Penyebaran Penduduk seperti transmigrasi. Sebebnarnya program ini dilakukan untuk menekan Angka pertumbuhan di Indonesia.
Tetapi pada pelaksanaanya, ternyata sekarang sepertinya program ini tidak lagi diteruskan. Inilah fakta realnya dimana di akhir tahun 2010, data dari Kemendagri menuliskan bahwa Penduduk Indonesia hingga per tahun 2010 berjumlah 259.940.857, terdiri atas 132.240.055 lelaki dan 127.700802 perempuan. Menurut data ini, tentunya bisa menjadi treat bagi masyarakat dan pemerintah. Dampak jangka panjang adalah, jika Indonesia hanya memiliki manusia yang tidak memiliki kecakapan SDM, maka masyarakat akan menderita. Semakin banyak masyarakat yang tidak memiliki SDM semakin menderitalah masyarakat kita nantinya.

seharusnya setelah ada pelaporan seperti ini, pemerintah harus mengambil sebuah inisiatif dan pengkajian kenaikan pertumbuhan penduduk terhadap dampak jangka panjang.
“ya, memang, jika prioritas pemerintahh hanya jangka pendek saja, permasalahan ini tidak akan pernah tuntas”.
Pemerintah harus mulai membangun program estafet guna mengantisipasi kenaikan pertumbuhan penduduk.
harapannya, bangsa kita seharusnya sudah menata masyarakat mulai dari awal, semenjak seseorang akan lahir. agar planning jelas ke depan.

19 September 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s