Intisari Novel The Lost Symbol (Dan Brown) (Hidup di dunia tanpa menyadari arti dunia ibarat berkunjung di perpustakaan besar tanpa menyentuh buku – bukunya – The Secret Teachings of All ages)

Intisari Novel The Lost Symbol (Dan Brown)
(Hidup di dunia tanpa menyadari arti dunia ibarat berkunjung di perpustakaan besar tanpa menyentuh buku – bukunya – The Secret Teachings of All ages)
Kemungkaran dan Kekacauan adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan adaptasi (penyesuaian). “Keteraturan timbul dari kekacauan.”

Barangkali kita menganggap bahwa situasi zaman kuno/dulu yang identik dengan keidaknormalan jika dibandingkan dengan sekarang, sering kita sebut sebagai kekuatan mistik yang sepertinya tidak nyata karena menjadi tidak biasa dibandingkan dengan kondisi dewasa ini. Manusia zaman dulu bisa menyembuhkan orang sakit parah hanya dengan menjamah tubuhnya tidak seperti manusia sekarang yang pada realitanya kebanyakan orang sakit harus dioperasi terlebih dahulu. Dan kegiatan penyembuhan seseorang secara operasi seolah menjadi biasa dan akan kelihatan janggal jika terjadi penyembuhan dengan hanya penjamahan tangan pada tubuh untuk menyembuhkan orang.
Lalu kita sama – sama memiliki mind set bahwa cara seperti itu seperti sesuatu yang berbau mistik atau abnormal.
Dan kita menganggap bahwa manusia zaman kuno dulu adalah seperti dewa. Padahal jika manusia kuno masih ada, barangkali mereka juga akan menganggap manusia sekarang juga abnormal atau seperti dewa.
“Keteraturan timbul dari kekacauan.”
Setelah membaca novel “The Lost Symbol”, berikut pointer – pointer penting sebagai wawasan untuk kita :
          Apotheosis : Perubahan manusia menjadi Tuhan
          Trompe l’oeil : Lukisan yang sangat realistis dan mendetail seperti foto (karya : Brumidi)
          Angka – angka (1 – 9 ) berasal dari Arab
          Alphabet Numeric : Angka – angka yang hanya terdiri atas garis lurus
          Isac Newton pernah menulis surat pada Robert Boyle : “Mendorong agar Boyle tetap ‘membisu’ mengenai pengetahuan mistis yang telah mereka pelajari”
          Cupid : Malaikat kecil yang membawa panah asmara
          Luk 17 ; 21 : “Kerajaan Allah ada diantara kamu”
Orang kristen bangga bahwa mereka mempercayai Alkitab, tetapi mengabaikan saja bagian – bagian yang menurut mereka terlalu sulit atau terlalu tidak nyaman untuk dipercayai.
          Musa (dalam bahasa Ibrani) berarti : “karan ‘ohr’ panav” yaitu, kulit wajah yang berkilauan dalam cahaya
          Ilmu Noetic : Ilmu integrasi antara fisika partikel modern dan mistisisme kuno (FISIKA – FILSAFAT)
          Arni Souvlakia : Sate Domba Yunani
          Mood Ring : Cincin yang bisa berubah warna sesuai dengan suasana hati pemakainya
          Mazmur 82 : 6 : “Kamu adalah Allah!”
          Ramalan Einstein : “Agama masa depan, adalah agama kosmis. Agama itu akan melampaui Tuhan pribadi dan menghindari dogma dan teologi.”
          Rahasianya tersembunyai di dalam. Kerajaan Allah ada di dalammu ; Kata Yesus Krsitus. Kenali dirimu sendiri ; Kata Phytagoras. Tidak tahukan kau bahwa kau adalah tuhan ; kata Hermes Trismegistus.
          Persegi – empat Franklin Formasu Delapan
52
61
4
13
20
29
36
45
14
3
62
51
46
35
30
19
53
60
5
12
21
28
37
44
11
6
59
54
43
38
27
22
55
58
7
10
23
26
39
42
9
8
57
56
41
40
25
24
50
63
2
15
18
31
34
47
16
1
64
49
48
33
32
17
Jumlah : diagonal = vertikal = horizontal (setiap baris dan kolom) = 160
          Tracing Board : Ilustrasi yang dilukis atau dicetak, menggambarkan berbagai lambang dan simbol dalam persaudaraan mason bebas
          Gain Horn : Alat yang digunakan dalam proses menghasilkan, mengendalikan, dan mengukur energi frekuensi radio elektromagnetik tingkat tinggi.
          1 Korintus 3 : 16 : “Kamu adalah bait Allah”
          Injil Maria Gnostik : Dimana ada pikiran, di situ ada harta karun
          Menurut Matius 6 : 22 : “Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu” Konsep ini juga direpresentasikan oleh Ajna chakra dan titik di kening Hindu,yang__”
          Tubuh fisik kita telah berevolusi selama berabad – abad, tetapi benak kitalah yang diciptakan menurut gambaran Tuhan. Kita terlalu harfiah dalam membaca Alkitab.
          DI seluruh Dunia, kita memandang ke arah langit, menunggu Tuhan…tidak pernah menyadari bahwa Tuhan sedang menunggu kita.
          Kita adalah pencipta, tetapi dengan naif kita memainkan peranan sebagai ciptaan.
          Pikiran mempengaruhi dunia. Oleh karena itu berhati – hatilah dalam cara berpikir kita.
Novel ini sangat kontroversi karena menyangkut tentang suatu perkumpulan yang sampai saat ini masih dianggap suatu perkumpulan yang samar – samar bahkan banyak yang berpandangan bahwa perkumpulan ini akan membuat dunia menjadi caruk maruk, yaitu Freemasonry. Barangkali kita semua sudah pernah mendengar perkumpulan persaudaraan ini dan yang pertama sekali ada di benak kita adalah bahwa perkumpulan ini merupakan perkumpulan yang sangat erat hubungannya dengan mistis dan menyalahi agama. Namun ada sisi lain yang dikupas dalam novel ini dimana, perkumpulan ini menjadi perkumpulan biasa dan segala rahasia – rahasianya dimuat di dalam novel ini terlepas dari kevalidannya karena kembali lagi, bahwa karya tulis ini adalah karya sastra – Novel.
Lebih dari itu, dalam novel ini juga memuat tentang adanya penyimpangan – penyimpangan ajaran agama Kristen khususnya peyimpangan penginterpretasian terhadapa Alkitab sebgai kitab suci agama Kristen. Novel ini menuliskan bahwa perjanjian lama yang ada di novel merupakan tulisan – tulisan yang mengandung makna simbolik, sehingga dalam mengejawantahkan perjanjian lama tidak bisa diartikan secara harfiah. Ini didukung karena saat pembuatan atau penulisan awal taurat (perjanjian lama) para penulis tidak langsung menyampaikan pesan – pesan secara gamblang karena menurut novel ini para penulis dulu masih menyimbolkan sesuatu pesan dikarenakan pentingnya isi perjanjian lama yang tidak bisa secara harfiah dimaknai langsung.
Novel ini mengajak kita bagaimana kita berada di suatu kawasan terkenal yaitu Washington DC yaitu ibukota USA. Selain banyak rahasia – rahasia DC dan beberapa gedung yang ada di daerah ini yang semua pembangunannya sudah diatur dan merupakan simbol – simbol yang memiliki makna yang cukup mendalam dan berhubungan dengan hari kiamat.
Bagi yang senang tentang hal – hal filsuf ataupun konspirasi, novel ini cukup mumpuni mengajak dan menstimulus tali – tali saraf otak kita dalam berimajinasi.
Judul Buku : The Lost Symbol
Penulis : Dan Brown
Penerbit : Bentang
Kota : Yogyakarta
Tahun : 2010
Tebal : 712 hlm
ISBN : 978 – 979- 1227 – 86 – 5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s